Senin, 18 Maret 2013

SPELL CHECKER BAHASA INDONESIA

Keteledoran kita dalam mengetik, mempergunakan Bahasa Inggris dapat dengan mudah di deteksi jika fitur Spell Checker yang sudah menjadi bawaan di Ms-Word diaktifkan, maka kata-kata yang tidak ada dalam andas, akan diberikan garis bawah berwarna merah. Untuk memperbaikinya  di klik kanan kata tersebut dan Ms-Word akan memberikan saran perbaikan sesuai dengan kata yang paling mendekati.

Bagaimana kalau kita mempergunakan bahasa Indonesia ? Inti dari fitur Spell Checker adalah andas yang berisi daftar kata yang benar. Default dari Ms-Word adalah menggunakan andas (CUTOM.DIC) yang berisi daftar dalam Bahasa Inggris. Kita dapat mempergunakan andas yang berbahasa Indonesia yang dapat anda downloand di sini

Setelah mengunduh Kamus.txt, buka file tersebut pada Notepad atau editor teks yang lain. Langkah selanjutnya adalah jalankan Ms-Word, Klik Office Button>>Word Option>>Proofing>>Custom Dictionaries>>Klik New untuk membuat daftar kata baru. Beri nama File Andas baru ini, misalnya  INDONESIA.DIC

Langkah selanjutnya adalah memindahkan isi dari Kamus.txt  yang barusan di Unduh tadi dan masukan kedalam INDONESIA.DIC yaitu pertama buka Kamus.txt pilih semua kata yang terdapat di dalamnya atau Ctrl+A setelah di copy Ctrl+C  kedua masuk ke alamat ini C:\Users\user\AppData\Roaming\Microsoft\UProof dan di dalamnya kita akan mendapat suatu file dengan nama INDONESIA buka file tersebut lalu copykan  isi dari Kamus.txt tersebut, Setelah selesai pastikan anda telah mencetang Check spelling as you type.

Uji dengan mengetik Bimbingan Masyarakat Islam dan Bimbigan Masarakat Islam maka kata yang salah akan diberi garis merah di bawah kata tersebut, untuk memperbaikinya Klik kanan kata tersebut maka kita akan diberi pilihan untuk memperbaiki kata tersebut sesuai dengan kaidah-nya.

sekian ... Silahkan di coba semoga bermanfaat bagi kita untuk mengurangi kesalahan dalam mengetik, apakah itu Surat, Skripsi atau karya tulis, dan lain-lain (Januar)

2 komentar:

  1. saya kira untuk menghilangkan garis merah pada tulisan word cukup dengan menghilangkan check box pada check spelling of you type, tapi kalau ada cara yang lain bagus juga, untuk menambah wawasan, selamat ya.

    BalasHapus
  2. silahkan di coba ncu... untuk menanggulangi human error dalam penulisan, baik itu surat atau bentuk lainnya. kalau sekedar menghilangkan check di check spelling of you type, tidak bisa memperbaiki kesalahan dalam mengetik

    BalasHapus