Kamis, 18 Oktober 2012

Sosialisasi Penyembelihan Hewan Qurban

Padang - Menjelang datangnya tanggal 10 Zulhijjah 1433 H tahun ini yang bertepatan dengan 26 Oktober 2012 dimana umat muslim setelah melaksanakan sholat Idul Adha juga melaksanakan ibadah qurban, Seksi Urais Kantor Kementerian Agama Kota Padang sebelum pelaksanaan ibadah qurban tersebut dilaksanakan terlebih dahulu  memberikan sosialisasi terhadap pengurus Masjid dan Mushalla yang ada di Kota Padang dengan tujuan supaya nantinya dalam penyembelihan memperhatikan unsur Syar'inya.

Sosialisasi yang diikuti sebanyak 30 peserta ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama  Kota Padang Drs. H. Yetrizal Khatib, dimana dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa sosialisasi ini tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan dengan Pemko Padang.

Lebih lanjut di katakan Kakanmenag bahwa total jumlah hewan qurban yang tersebar di Kota Padang pada tahun ini berjumlah 5.486 ekor dengan rincian 10 ekor Kerbau, 4.556 Sapi dan 920 ekor Kambing. Sosialisasi ini dilakukan guna membekali para penyembelih hewan qurban supaya lebih mahir baik secara syari'at Islam maupun secara teknis penyembelihan hewan qurban.

Drs. H. Abdurrauf, MA sebagai Narasumber menjelaskan bagaimana tatacara penyembelihan hewan.
"pertama yang harus dilakukan ketika menyembelih hewan qurban yaitu hewan dihadapkan ke arah kiblat, membaca basmalah, disunahkan membaca takbir sebanyak tiga kali, penyembelihan hewan harus mengggunakan benda tajam seperti pisau, dan harus dilakukan sesingkat mungkin, tujuannya supaya hewan qurban tidak terlalu sakit, potong rongga pernafasannya dan pembuluh darah leher tanpa tanpa harus memotong urat syaraf tulang belakang, setelah itu darahnya harus betul-betul dialirkan sebelum mati, demikian penjelasan yang disampaikan oleh narasumber. (Januar)

0 komentar:

Posting Komentar